About Me

Patadela.id dibangun oleh Mardin Ga’a atas keprihatinan dan minat dalam bidang filsafat.

patadela.id adalah Webblog yang memuat artikel-artikel ilmiah seputar filsafat dan budaya sebagai alternatif utama. Kata patadela bisa dimengerti sebagai bincang ria atau ungkap kata secara harafiahnya. Namun secara subtansial etimologis pata dan dela adalah bentuk pepatah dan tetua Kata ini bearasal dari aksen daerah Nagekeo dan Bajawa-Flores- NTT.

patadela dalam masyarakat bajawa merujuk kepada perkataan dan wejangan atau nasihat daripada para tetua adat dalam hal ini para tokoh atau figur panutan misalnya mosalaki. Hal ini juga ditemukan dalam masyarakat Nagekeo ada ungkapan pata dela, pata ndeya yang juga memeliki makna yang sama.

Pata berarti pepatah sementara Déla artinya tetua, orang tua, leluhur. Sehingga Pata Déla dapat diartikan sebagai bukan saja “wejangan orang tua” tetapi juga “pepatah leluhur”. Ia pun masuk dalam kategori syair atau puisi adat yang diwariskan dan diucapkan dalam keseharian hidup Orang Bajawa. ( Lihat Reinard L. Meo dalam National geographic.co.id).

Biodata / Profil Founder

Lahir di Sebuah daerah pedalaman di Kabupaten Ende, tepatnya di Kampung Rowombojo- Malaara ( Desa Romarea ). Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di tempat Kelahirannya. Pendidikan Menengahnya dilanjutkan pada SMPK Inemete – Nangapanda yang kemudian melanjutkan Pendidikan Menengah Atas pada SMAK Syuradikara Ende dan Tamat pada tahun 2012. Pada tahun 2013 tamat Seminari Menengah KPA St. Paulus Mataloko. Pada Tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 menjalani masa Novisiat di Novisiat Sang Sabda Kuwu- Ruteng ( Sebagai Anggota Taraikat Religius Misioner Serikat Sabda Allah). Melanjutkan pendidikan Filsafat-Teologi pada STFK ledalero selama Delapan Semester (Tidak sempat mencapai gelar karena kesehatan). Situs Patadela.id adalah tempat baginya untuk menuangkan ide-ide dan gagasan dalam bidang Filsafat, Budaya dan Politik.

Mardin G. (Ardy)