Albert Einstein portrait, famous physicist

Albert Einstein cukup fenomenal dalam perkembangan sejarah pengetahuan dunia. hidup dan karyanya telah memberinkan sumbangsih bagi sejarah peradaban terlebih pengaruh penemuannya bagi kekuatan militer modern dewasa ini. perkembangan nuklir dalm penerapannya terhadap revolusi senjata sangat dideterminasi oleh penemuan figur berdarah yahudi ini. Mari kita simak ulasan selanjutnya.

Albert Einstein adalah seorang fisikawan teoretis yang lahir pada 14 Maret 1879 di Ulm, Kerajaan Württemberg Kekaisaran Jerman. Ia dikenal sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh dalam sejarah dan dianggap sebagai tokoh sentral terhadap revolusi ilmiah pada abad ke-20.

Einstein besar di Munich, Jerman. Ia menunjukkan kejeniusannya dalam bidang matematika dan fisika sejak usia yang masih belia. Ia menamatkan sekolah pada Politeknik Swiss tahun 1900 tetapi akhirnya kesulitan juga dalam mencari pekerjaan dalam bidang akademik. Namun, pada akhirnya ia mendapatkan posisi sebagai pegawai di salah satu Kantor Paten Swiss.

Albert Einstein Beserta Istri Keduanya Elsa pada tahun 1921, Gambar by Wikiedia.com

Pada tahun 1905 Einstein mengeluarkan empat buah makalah yang sekaligus akan mengubah pandangan dunia tentang fisika modern. Makalah pertamanya tentang efek fotoelektrik berhasil menjelaskan fenomena tersebut dengan menggunakan konsep kuanta cahaya atau foton. Ini merupakan salah satu kontribusinya yang paling penting dalam teori quantum.

Baca Juga : Socrates

Makalah kedua Einstein membahas tentang teori gerak Brownian yang menjelaskan mengenai gerakan partikel-partikel kecil dalam cairan. Ini membuktikan adanya atom yang memberikan dukungan akn adanya bukti empiris untuk teori atom pada saat itu.

Makalah ketiga yang disebutkan adalah tentang relativitas rujukan khusus. Einstein mengajukan bahwa waktu dan ruang relatif dan berhubungan dengan kecepatan cahaya. Teori relativitasnya ini merevolusi bidang fisika dan berdampak pada pengembangan teknologi seperti mesin fotokopi dan GPS.

Makalah keempat tentang relativitas umum diterbitkan pada tahun 1915 memperluas teori relativitas khusus Einstein. Teori ini menjelaskan tentang gravitasi sebagai suatu kelengkapan ruang dan waktu yang melengkung akibat massa dan energi.

Einstein menjadi selebriti ilmiah yang terkenal di seluruh dunia yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam bidang Fisika pada tahun 1921 berkat penjelasannya tentang efek fotoelektrik, meskipun yang lebih dikenal adalah teori relativitasnya.

Pada tahun 1933 ketika Adolf Hitler berkuasa di Jerman, Einstein yang keturunan Yahudi akhirnya harus meninggalkan negaranya karena persekusi dari kaum Nazi. Ia pun hijrah ke Amerika Serikat dan di sana ia menjadi seorang profesor di Institut Studi Tinggi di Princeton, New Jersey.

Selama sisa hidupnya Einstein terus bekerja dalam fisika teoretis dan berusaha membangun teori persatuan yang menggabungkan gaya gravitasi dengan gaya elektromagnetik. Namun ia tidak berhasil menemukan teori yang memuaskan sebelum kematiannya pada 18 April 1955 di Princeton.

Albert Einstein diakui sebagai salah satu tokoh paling brilian dan berpengaruh dalam sejarah ilmiah. Karyanya dalam teori relativitas dan kontribusinya pada pengembangan mekanika kuantum telah mengubah cara kita memahami alam semesta. Ia juga mempengaruhi bidang fisika eksperimental dan teknologi modern.

Einstein juga berperan bagi peradaban dunia terkait rumus persamaan E = mc2 . E adalah Energi sedangkan m adalah massa dan c adalah konstanta kecepatan cahaya yang kira-kira setara dan equivalen dengan 3,00×108 meter per detik. kita dapat menemukan energi dalam bentuk seperti panas, listrik, kimia dan energi nuklir. perekmbangan usaha penciptaan dan penemuan tenaga nuklir dalam bidang listrik dan senjata merupakan berkat peninggalan brilian einstein.

By Ardy G

Pernah belajar di bidang Filsafat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Patadela.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca