coronavirus
Photo by CDC on <a href="https://www.pexels.com/photo/coronavirus-3992933/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Kehidupan manuisia tentu tidak terlepas dari peristiwa-peristiwa yang menakutkan dan mencemaskan. Hal ini menandakan bahwa proses mental manusia sangat ditentukan oleh keadaan dan kejadian aktual sehari-harinya yang dapat dikaitkan persis dengan apa yang dikonsepsikan oleh Hannah Arendt dalam karyanya yang berjudul Human Condition. Berhadapan dengan realita yang kejadiannya selalu mengancam akan eksistensial kehidupan, menjadikan manusia seperti berada dalam kondisi yang selalu siaga dan menunggu kira-kira kapan waktunya tiba bahwa bahaya maut akan merenggutnya. Hal ini menyebabkan persoalan psikis yang melingkupi dan mengitari aspek psikis manusia. dalam koridor filsafat, persoalan ini dinamakan dengan filsafat paranoid. Tentu terkesan terlalu jarak untuk mensinkronisasikan term filsafat dengan term Paranoid.

Filsafat Paranoid adalah suatu pandangan atau teori yang melihat bahwa segala sesuatu dalam dunia ini memiliki konspirasi atau telah tejadi suatu skema tersembunyi (Terselubung) yang terindikatif di balik kejadian-kejadian dan peristiwa- peristiwa yang terjadi. Sebut saja Covid-19 misalkan dapat dipahami dan dicurigai sebagai bias dari adanya persengkokolan yang telah disusun dan direncanakan secara rapi dan sistemik. Falsafah ini atau pandangan ini diyakini oleh sejumlah orang dengan mempercaya bahwa terdapat Kekuatan Besar dan tersembunyi yang berusaha mengontrol tatanan dunia. Pandangan ini sangat erat kaitannya dengan isu teori konspirasi yang konon telah ada sejak manusia mengenal dunia ini.

Filsafat Paranoid
Keadaan manusia dalam Kecemasan yang berlebihan by Wiikipedia.org

Pandangan Paranoid biasanya mempercayai bahwa segala sesuatu telah direncanakan dan diatur oleh suatu kekuatan tertentu, yang mungkin termanivestasi dalam bentuk apa yang biasa orang namakan dengan sebutan Organisasi Rahasia atau Pemerintah Bayangan, demi mengendalikan dunia dan memonopoli atau mempertahakan hegemoni kekuasaan.

Ada beberapa contoh teori konspirasi yang sering meningkatkan pandangan paranoid ini, seperti teori konspirasi bahwa pemerintah merancang pandemi virus untuk memperkuat kekuasaannya atau bahwa pemerintah mengendalikan media massa dan mengelola informasi yang disampaikan kepada masyarakat untuk memberikan pengaruh pada opini publik.

Namun, pandangan ini seringkali dibantah oleh para ahli dan ilmuwaan dengan merujuk pada bukti-bukti ilmiah yang ada dan melakukan intervensi untuk membantu masyarakat memahami bahwa kejadian seringkali memiliki penyebab yang dapat dijelaskan secara rasional. Pandangan ini juga sering kali menimbulkan ketakutan dan kecemasan yang berlebihan pada orang-orang yang terbawa sangat meyakini terhadap teori konspirasi ini.

Baca Juga : Politik Menurut Aristoteles

Secara umum, pemahaman Paranoid dapat menjadi bahaya atau syndrom jika diikuti secara konsisten tanpa menggunakan akal sehat dan logika. Seperti yang ditekankan oleh sekumpulan ahli, mempercayai konspirasi yang tidak terbukti dapat menyebabkan kekhawatiran, ketidaktenangan, dan bahkan kekerasan dalam masyarakat. Oleh karena itu pemahaman filsafat paranoid yang bijaksana, yang disertai dengan akal sehat dan pemahaman yang benar mengenai dunia, sangatlah diperlukan agar dapat menjaga keseimbangan antara ketakutan yang berlebihan dengan rasionalitas dalam berinteraksi bersama lingkungan.

Mengenai perihal Paraoid atau paranoya, kita diingatkan akan kemungkinan-kemungkinan suatu respons yang berlebihan terhadap ketakutan yang tidak terobyetifikasikan atau ketakutan yang tidak rasionable atau tak beralasan. Kita diajak masuk ke dalam dunia yang selalu dinamis terhadap situasional yang ajek dan kondisional.

By Ardy G

Pernah belajar di bidang Filsafat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Patadela.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca