gray concrete buildings under blue and white cloudy sky
Photo by Pixabay on <a href="https://www.pexels.com/photo/gray-concrete-buildings-under-blue-and-white-cloudy-sky-161293/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

 “Mengenal hinduisme” akhirnya dipilih sebagai topik uaraian pada kali ini dan merupakan topik Sejarah bernuansa religius perdana dalam blog ini. Tentu bagi kebanyakan masyarakat Indonesia umumnya tidak asing dengan term Hinduisme. Karena banyak jejak peninggalannya di bumi Nusantara ini.

Kali ini Meski hinduisme didefenisikan sebagai usaha studi tentang India bersama kebudayaan dan agamanya akan tetapi hinduisme disini lebih ditekankan kepada suatu sistem kepercayaan Hindu. 

Ya kita kembali ke laptop, hinduisme memang telah populer dalam berbagai tempat dan konteks misalnya peninggalan sejarah dan pembelajaran yang didapatkan dari sistem kurikulum kita. Ada banyak jejak kerajaan nusantara merupakan peninggalan budaya dan agama hindu. Nah mari kita lanjutkan pembahasananya.

Baca Juga : Mengenal Agama Buddha

Hinduisme merupakan suatu sistem kepercayaan yang pertama kali dinyatakan muncul di lembah sungai hindus, India sekarang. Jika kita pernah menonton film Mahenjo Daro berati kita telah melihat setidaknya cuplikan kecil tentang peradaban kuno yang berkembang di sepanjang Sungai ini lewat film tersebut. Hinduisme diklaim sebagai agama tertua di dunia sejaka kemunculannya pada 4000-an tahun sebelum tahun Masehi.  Hinduisme juga dikenal muncul sebagai hasil perkembangan peradaban oleh perpaduan bangasa Arya dan bangsa Dravida. 

Kitab suci kepercayaan Hindu adalah Kita Weda dan dewa Brahmana adala rujukan konsep tertinggi yang menjadi acuan sebagai yang maha baik sempurna dan tak terbatas. Bagian dari kitab weda adalah Samitha, Brahmana,  Aranyaka dan Upanisad.[1]Selain dewa brahmana (dewa pencipta) adapula dewa pendamping seperti Dewa Siwa (dewa penghancur)  dan Dewa wisnu (dewa pemelihara) sehingga ketiga dewa tersebut disebut dengan istilah trimurti.  Istilah trimurti merupakan kesatuan dari ketiga dewa dalam memegeang suatu kuasa untuk mewujudkan tugas-tugasnya seprti mencipta, memelihara dan melebur.[2] Dan ketiga tugas tersebuat tak dapat saling pisahkan satu sama lain melainkan sebagai sebuah harmonisasi dari susuan kosmos. Tempat suci peribadatan hindu dilakukan di kuil adapula istilah lain untuk menyebut tempat peribadatannya yakni candi, pura, mandir, devasthana, ksehtram, dharmaksehtram, koil, deula, wat dan bale keramat.

Selain Hindu, terdapat kepercayaan Budha semacam Hindu Reformasi yang diajarkan oleh Budha Gautama yang berkembang di India.

Nah itu gan penjelasan singkat mengenai hinduisme. Intinya hinduisme adalah suatu corak pemikiran , Kultur, dan tradisi adat kebiasaan yang berkembamg di India dan khas milik india yang kemudian berkembang ke wilayah asia selatan seperti asia tenggara dan juga indonesia melalui perjumpaan dan perdagangan.Nantikan lagi di episode selanjutnya ya gan. Akan diulas seputar tempat ibada orang hindu gan dan negara- negara yang menganut mayoritas agama hindu.

Catatan Kaki :

[1] https://www.google.com/search?hl=in-ID&ie=UTF-8&source=android-browser&q=Hinduisme, diakses pada tanggal 17 april 2023.

[2]https://www.kompas.com/stori/read/2022/10/17/180000379/tiga-dewa-tertinggi-dalam-agama-hindu?page=all, diakses pada tanggal 18 april 2023

By Ardy G

Pernah belajar di bidang Filsafat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Patadela.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca